MOBA News Lite

Indonesia

Berita MOBA 2 Agustus 2024

MOBA 2 Agustus 2024 – Mengenal Istilah – Istilah Populer dalam Game MOBA, Player Pemula Wajib Tahu

MOBA 2 Agustus 2024

MOBA 2 Agustus 2024 – Dalam dunia MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), para pemain sering kali menggunakan sejumlah istilah tertentu yang mempermudah komunikasi di antara tim dan memahami aspek – aspek gameplay yang kompleks. Kali ini kita akan mengenal beberapa istilah terkenal yang sering digunakan dalam game MOBA, sehingga kita dapat lebih mudah dalam berkomunikasi dengan rekan satu tim atau sesama pemain MOBA

1. AFK (Away From Keyboard)

Istilah AFK atau Away From Keyboard ini digunakan untuk menggambarkan pemain yang sementara tidak aktif atau meninggalkan permainan. Ketika seorang pemain melakukan aktivitas AFK, hal ini dapat menganggu permainan tim kita secara signifikan dan meberikan keuntungan mutlak bagi lawan. Apabila ada pemain melakukan AFK, kita bisa melakukan report untuk pemain yang melakukan AFK mendapat tindakan tegas dari sistem.

2. CC (Crowd Control)

Istilah CC mengacu pada kemampuan atau efek yang membatasi gerak – gerik musuh secara one on one atau massal. CC bisa berupa stun (membekukan), slow (memperlambat) dan disable (menonaktifkan kemampuan). Crowd Control sering digunakan untuk menghentikan dan mengendalikan musuh dalam pertempuran.

3. Feed

Istilah feed sering digunakan untuk mendeskripsikan seorang pemain yang mati berulang – ulang sehingga memberikan skor kill dan exp kepada pihak lawan. Aktivitas ini sangat menguntungkan bagi tim lawan karena membuat pemain lawan yang mendapat feed menjadi lebih kuat dan tak tertandingi. Apabila ada pemain sengaja melakukan feed, kita bisa melakukan report untuk pemain yang melakukan AFK mendapat tindakan tegas dari sistem.

4. Gank

Istilah Gank merujuk pada tindakan para pemain menuju jalur atau area tertentu untuk menyerang atau membantu tim dalam menghadapi musuh yang lengah atau dalam situasi yang kurang menguntungkan. Gank juga biasa disebuk keroyokan atau nyulik . Gank yang berhasil akan mengubah arah permainan dan memberi keuntungan bagi tim yang melakukan gank.

5. Jungle

Istilah Jungle adalah area di peta selain markas utama kita dan jalur – jalur utama yang biasa kita sebut lane. Istilah jungle ini juga sering disebut hutan. Para pemain pergi ke jungle untuk membunuh monster yang ada di hutan untuk mendapatkan gold atau exp tambahan. Kegiatan tersebut sering disebut jungling atau ngutan. Biasanya hero dengan kemampuan ngutan ini akan bertanggung jawab menjaga dan mengeksplorasi area jungle.

6. KS (Kill Steal)

Kill Steal terjadi saat seorang pemain mencuri kill yang seharusnya dimiliki oleh rekan satu timnya. Tindakan ini juga biasa disebut nyolong atau nyampah. Pemain yang melakukan Kill Steal dengan sengaja biasanya dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi, seperti gold dan exp tambahan. Meskipun dalam beberapa situasi Kill Steal dapat memberi manfaat. Tetapi dalam banyak kasus, tindakan semacam ini bisa menimbulkan ketegangan dan bahkan konflik di antara pemain satu tim.

7. Meta

Istilah Meta merujuk pada strategi, komposisi tim, atau gaya bermain yang paling umum dan efektif dalam suatu periode tertentu dalam permainan. Meta bisa diartikan sebagai trend dalam dunia MOBA. Dan meta dapat berubah sewaktu – waktu seiring perubahan dan pembaruan yang terjadi dalam game MOBA tersebut. Memahami meta saat ini penting untuk memaksimalkan potensi tim dalam meraih kemenangan.

8. Push

Push adalah tindakan tim untuk mendorong atau menyerang jalur atau tower lawan. Tujuannya adalah menghancurkan struktur lawan dan mendapatkan keuntungan statis pada map. Push yang sukses membutuhkan koordinasi tim dan kerjasama dalam menghadapi pertahanan lawan.

9. Roam

Roam mengacu pada kegiatan pemain untuk berpindah dari jalur atau lane aslinya ke jalur lain guna membantu rekan satu tim dan menciptakan tekanan pada lawan. Pemain yang melakukan roaming harus memiliki pemahaman yang baik tentang situasi dan timing yang tepat untuk melakukan pergerakan yang efektif.

10. Ulti (Ultimate)

Ulti singkatan dari “Ultimate Ability” atau “Ultimate Skill”. Istilah Ulti ini merujuk pada kemampuan paling kuat atau spesial dari seorang hero atau karakter yang tersedia dalam permainan. Ulti sering memiliki efek yang besar dan dapat memberi pengaruh yang signifikan dalam pertempuran.

Mengenal istilah – istilah terkenal dalam game MOBA dapat membantu pemain memahami dan berkomunikasi dengan lebih efektif dalam permainan.

Istilah – istilah ini mencakup berbagai aspek gameplay dan strategi. Dengan memahaminya, maka kita dapat beradaptasi dengan lebih baik di beberapa permainan. Serta dapat berkomunikasi dengan tim secara efektif dan meningkatkan kemampuan kita dalam bermain game MOBA.

Sering Dibandingkan, Ini Perbedaan Mobile Legends dengan Honor of Kings

MOBA 2 Agustus 2024 – Honor of Kings atau biasa kita sebut HoK, digadang – gadang sebagai game MOBA pesaing dari Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Mobile Legends: Bang Bang sendiri merupakan game MOBA yang populer dan menjadi salah satu penguasa pasar game mobile di tanah air.

Tak mengeherankan jika kedua game ini sering dibanding – bandingkan, karena Honor of Kings (HoK) memiliki banyak unsur yang mirip dengan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Wajar karena kedua game ini sama – sama mengusung genre game MOBA.

Cek Juga: Berita MOBA 1 Agustus 2024

Sebagau game mobile yang melakukan ekspansi pasar secara global, Honor of Kings (HoK) kini sedang mencuri perhatian para gamer MOBA. Tak terkecuali pasar game yang ada di Indonesia. Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa sebelum Honor of Kings (HoK) rilis secara global. Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) mendominasi dunia MOBA di tanah air. Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) memimpin diatas League of Legends: Wild Rift dan Arena of Valor.

Dan kini hadir kompetitor baru di pasar game MOBA untuk smartphone, yakni Honor of Kings (HoK) yang siap dirilis secara global dan digadang – gadang akan menjadi rival utama Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Meski demikian, banyak pemain yang mengatakan bahwa banyak kesamaan yang terjadi antara Honor of Kings (HoK) dengan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Walau banyak kesamaan, tetapi ada beberapa perbedaan antara Honor of Kings (HoK) dengan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang perlu disorot.

Berikut rangkuman perbedaan antara Honor of Kings (HoK) dengan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB):

1. Referensi Hero

Baik Honor of Kings (HoK) maupun Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) sama – sama memiliki hero yang bisa digunakan pemain. Namun referensi hero yang digunakan dalam kedua game ini berbeda. Lantaran kedua game ini memiliki pool hero yang berbeda.

2. Sistem Emblem dan Arcana

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) mengenal sistem emblem sedangkan Honor of Kings (HoK) mengenal sistem Arcana. Secara garis besar, kedua sistem ini berguna untuk meningkatkan status dasar hero dan memberikan efek tambahan.

Namun perbedaanya terletak pada penggunaannya. Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) memiliki emblem berdasarkan role dan buff yang dapat diatur. Sementara Arcana dari Honor of Kings (HoK) memiliki 3 warna yang berbeda. Pemain dapat memaksimalkan permainnya dengan memiliki hingga 30 Arcana dengan 3 warna berbeda.

Updated: August 2, 2024 — 6:57 am
MOBA News Lite © 2024 Frontier Theme